Sabtu, 22 Desember 2018

Ketahui Makanan makanan Ini Picu Batu Ginjal

By syilviana  |  00.45 No comments
Ketahui Makanan makanan Ini Picu Batu Ginjal,- Batu ginjal terbentuk dari sisa-sisa zat limbah dalam darah yang dipisahkan ginjal, yang mengendap dan mengkristal seiring waktu. Gejala batu ginjal tak akan terasa jika batu tersebut masih berukuran sangat kecil.

Gejalanya baru akan terasa sangat menyakitkan jika batu telah berukuran besar dan bergesekan dengan lapisan dinding ureter yang menyebabkan iritasi bahkan luka. Tak heran jika penderitanya bisa mengalami urin berdarah.

Perlu diketahui, ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu penyakit batu ginjal. Agar Anda terhindar, perhatikan ulasan berikut.

Makanan dengan vitamin C berlebihan
Dosis vitamin C atau asam askorbat berlebihan (lebih besar dari 2000 mg) bisa membuat mereka yang sudah berisiko terkena batu ginjal akan lebih mudah lagi terkena penyakit ini.

Makanan tinggi oksalat
Contoh makanan tinggi oksalat adalah bayam, bit, rhubarb, kacang-kacangan, dan cokelat. Oksalat pada makanan tersebut bisa membuat kandungan oksalat pada urin meningkat. Kalau oksalat ini bergabung dengan kalsium, perlu waspada akan terbentuknya batu ginjal.

Makanan tinggi sodium
Contoh makanannya adalah fast food, sup kaleng, makanan yang dibekukan, dan snack. Makanan-makanan tinggi sodium ini bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dalam tubuh. Terlalu banyak makan garam juga meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Makanan tinggi protein hewani dan tinggi purin
Contoh makanan yang kaya purin adalah jeroan daging (bagian hati, jantung, dan ginjal), ikan teri, ikan sarden, ikan kembung, ikan kod, ikan haring, kerang, udang, dan daging sapi muda.

Purin yang terdapat pada makanan bisa berubah menjadi batu ginjal. Kalau memang Anda ingin mengonsumsi makanan-makanan tersebut, boleh saja asal dibatasi. Paling banyak boleh makan makanan tersebut hanya 6 ons atau 170 gram per hari.

link terkait :


Author: syilviana

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

© 2014 Obat Tradisional Penyakit Miom Dan Kista. WP themonic converted by Bloggertheme9. Powered By Blogger
TOP